Mengenal Atap Alderon

Alderon merupakan salah satu jenis material untuk kanopi. (Foto: Membrane.co.id)

 

Setiap rumah yang dibangun tentunya membutuhkan komponen yang berbeda – beda. Atap menjadi salah satu komponen yang diperlukan agar rumah bisa menjadi sempurna dan lengkap. Atap mempunyai sebuah tugas yang sangat penting bagi rumah Anda dan salah satu tugas pentingnya adalah untung mengurangi panas matahari yang masuk pada siang hari dan menjadikan suasana rumah menjadi lebih nyaman.
Saat ini juga ada sangat banyak variasi dan jenis atap rumah yang bisa Anda temui dengan mudah. Setiap atap rumah mempunyai harga dan spesifikasi yang berbeda – beda. Namun, tidak semua atap mempunyai kemampuan dan daya tahan yang sama. Oleh karena itulah memilih jenis atap yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda menjadi salah satu hal yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu dengan baik.
Salah satu atap yang mempunyai material dan kualitas yang bagus adalah atap alderon. Dilansir dari UPVC Roof, atap alderon merupakan salah satu jenis atap berbahan dasar UPVC yang sedang populer saat ini. Lembarannya mempunyai tekstur bergelombang dan membuatnya terlihat sangat simpel dan menarik. Karena bentuknya yang unik tersebut menjadikan atap ini sangatlah cocok bagi rumah berdesain minimalis. Pengaplikasiannya juga termasuk mudah dan bisa dilakukan dengan cepat.

Penggunaan atap alderon cocok untuk rumah modern

Atap rumah minimalis modern dengan rancangan clean cut. (Foto: Expect Best/Pexels)

Atap kanopi alderon pada mulanya banyak dimanfaatkan sebagai kanopi halaman rumah untuk menghalau air hujan di area halaman atau parkir kendaraan. Berbeda dengan atap konvensional, seng, atau atap logam lainnya, atap ini memiliki material yang ringan namun kokoh. Hal tersebut membuat kini banyak rumah yang memanfaatkannya sebagai material atap bangunan utama.Rancangan rumah modern dengan garis-garis yang jelas dan modelcleancocok dibangun dengan atap alderon. Jika masih ragu anda dapat menerapkannya pada sebagian arearooftopmisalnya. Rumah modern dengan tampilan ringan namun tegas kini menjadi banyak pilihan pencari rumah.

Jenis-jenis atap alderon

Terdapat dua jenis atap alderon. (Foto: Beton Besi Baja)

Atap ini dapat diaplikasikan untuk menjadi berbagai atap dari berbagai jenis properti yang berbeda – beda. Dibalik bentuknya yang menarik, ternyata atap alderon juga mempunyai jenisnya yang berbeda. Atap ini diproduksi menjadi dua jenis yang berbeda yaitu Alderon Twinwall Corrugated dan Alderon RS Single Wall Corrugated. Di bawah ini adalah beberapa spesifikasi dari kedua jenis atap yang berbeda tersebut:

1. Alderon Thinwall Corrugated

Harga Alderon Atap Kanopi Transparan [Harga 2021] | Harga Toko Besi ASIA

Atap Alderon Thinwall Corrugated mempunyai bentuk yang bergelombang dan dilengkapi juga dengan rongga – rongga yang terbuat dari bahan UPVC. Kelebihan dari atap alderon jenis ini adalah ketahanannya yang lama dan mampu untuk menghadapi sinari matahari yang terik dan terpaan air hujan yang deras.

Atap Alderon Thinwall Corrugated juga terbukti lebih ampuh dalam menahan panas dan radiasi matahari jika dibandingkan dengan atap biasa yang pada umumnya dipakai. Kemampuan dari atap ini dalam meredam suara bising dari luar juga cukup baik dan bisa menjadikan rumah Anda menjadi lebih tenang.

Dengan bentuknya yang bergelombang dan mempunyai rongga – rongga menjadikan atap alderon ini menjadi lebih kuat dan kokoh. Selain itu juga atap ini tidak akan mudah untuk hancur dan bisa dipakai dalam waktu yang lama.

2. Alderon RSSingle Wall Corrugated

Alderon RS - Atap uPVC Satu Layer - Alderon

Berbeda halnya dengan AlderonThinwall Corrugated, atap Alderon RSSingle Wall Corrugatedmempunyai fisik yang bergelombang namun tidak ada rongga sama sekali. Secara konstruksi, atap ini dibuat dengan fisik yang jauh lebih ringan namun masih tidak bisa ditembus oleh sinar matahari. Karena atap ini ringan, pengaplikasiannya menjadi sangat mudah dan menjadi favorit banyak orang.
Kelebihan dari atap Alderon RSSingle Wall Corrugatedadalah tidak memiliki sifat untuk menyebarkan api. Apabila terkena api maka atap Alderon RSSingle Wall Corrugatedtidak akan mudah terbakar dan menjadikannya sangat aman bagi rumah Anda. Selain itu juga, atap Alderon RSSingle Wall Corrugatedsangat mudah untuk dipotong dan dibentuk menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan dari bentuk rumah Anda sendiri.

Kelebihan atap alderon

Material atap ini dapat meredam panas. (Foto: Sindre Strøm/Pexels)

Sebagai salah satu atap premium, tentunya menjadikan atap ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk rumah Anda. Agar Anda bisa lebih yakin dan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari atap alderon maka Anda bisa membaca lebih lengkap di bawah ini:

1. Kokoh

Atap alderon mempunyai formula yang unik dan menjadikannya mempunyai struktur dinding rongga yang padat. Struktur dinding yang padat menjadikan atap ini menjadi sangat kuat dan kokoh sehingga aman apabila terkena oleh benturan. Berdasarkan pengetesan, materialnya mampu untuk menahan beban hingga 540kg dan menjadikannya sebagai salah satu atap yang sangat kuat.

2. Peredam Panas dan Membuat Sejuk

Atap alderon mampu untuk meredam panas dan suara dengan sangat efektif. Pemasangan lapisan insulasi di bawah atap metal Anda untuk mencegah panas masuk kedalam ruangan adalah sangat penting. Struktur atap ini dengan bentuk berongga, dapat membantu Anda mengurangi pekerjaan tambahan ini, sekaligus juga menghemat biaya yang harus Anda keluarkan.
Udara merupakan penahan panas alami yang sangat baik. Rongga udara yang dirancang secara khusus pada struktur atap ini dan bahan baku pembuat Alderon yang bersifat penghantar panas yang rendah menjadikannya sebagai penghambat panas yang baik.
Kedua kombinasi tersebut mampu mengurangi udara panas yang mencoba masuk, membuat ruangan di bawahnya tetap sejuk dan nyaman, membantu menstabilkan temperatur di ruangan, menghemat biaya listrik, dan menghemat biaya instalasi atap Anda.

3. Tidak Mudah Luntur

Atap alderon tidak bisa berkarat dan tidak akan mengalami korosi. Berbeda dengan material atap lainnya, atap ini tahan terhadap lingkungan yang ekstrim dan bisa memicu reaksi korosif. Karena tahan terhadap perubahan cuaca membuatnya tidak akan mudah rapuh dan berubah warna. Terdapat pelindung sinar uv yang menghambat pengaruh sinar matahari terhadap warna atap.

4. Kedap Suara

Rongga udara Alderon dapat membantu mengurangi suara dari luar, terutama saat hujan deras. Tes laboratorium menunjukan bahwa atap dengan ketebalan 10 mm dapat mengurangi suara yang masuk hingga 27% (ASTM E90).

5. Tidak Merambat Api dan Tidak Karatan

Atap alderon juga mempunya sifat non-combustible yang berarti tidak mudah terbakar apabila terkena sulutan api. Apabila ada api yang mengenai atap ini maka atap tersebut tidak akan menyulut dan menyebabkan api menjadi lebih besar. Proses memadamkan api juga akan menjadi lebih mudah dan cepat.
Didesain untuk tahan terhadap pengaruh bahan kimia dan polusi industri lainnya, jenis atap ini tahan terhadap hampir semua zat asam, alkali, solvent organic, minyak dan pelumas lainnya. Atap ini juga dibuat untuk tahan terhadap lingkungan yang korosif yang tidak terdapat pada atap biasa lalu tahan terhadap karat dan tidak mudah rapuh.

6. Biaya Perawatan Murah dan Bergaransi

Untuk membersihkan atap ini Anda hanya perlu menyemprotkan air. Air disemprotkan pada permukaan yang kotor tanpa ada tambahan perawatan khusus lainnya. Sehingga, tidak ada biaya tambahan untuk perawatannya. Jenis atap ini juga bergaransi selama 15 tahun.

7. Ramah Lingkungan dan Mudah Dibentuk

Atap alderon juga sangat ramah lingkungan. Atap dengan jenis ini tidak dibuat dengan menggunakan bahan aditif pembuat plastik. Atap ini dibuat dengan bahan dasar Unplasticized Polyvinyl Chloride atau UPVC. Material UPVC dikenal lebih kaku dan kokoh dibandingkan dengan PVC biasa pada umumnya.
Agar bisa diaplikasikan dengan mudah, atap alderon sangat mudah untuk dipotong. Anda tidak membutuhkan sebuah alat khusus untuk memotongnya dan atap ini akan bisa terpotong dengan mudah meskipun hanya dengan menggunakan gergaji saja.

Kekurangan Atap Alderon

Seperti jenis atap lain, alderon juga memiliki kekurangan. (Foto: Pixabay)

Selain kelebihan yang dimiliki, atap alderon pun juga mempunyai kekurangan yang perlu Anda ketahui dulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya berikut ini.

1. Pilihan Warna Terbatas

Atap alderon tidak mempunyai banyak pilihan dan variasi warna. Hingga saat ini atap ini baru menyediakan 2 jenis warna saja yaitu putih dan biru muda. Anda harus menyesuaikan warna atap tersebut dengan warna cat tembok pada rumah Anda agar tidak bertabrakan dan memunculkan kesan norak. Pilihlah salah satu yang paling terdekat dengan warna cat rumah Anda agar bisa terlihat netral.

2. Harga Cenderung Lebih Mahal

Atap alderon juga mempunyai harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan atap pada umumnya. Harga yang mahal disebabkan oleh kualitas dari atap alderon yang baik sehingga harganya sesuai dengan kualitas yang bisa diberikannya.